Tillandsia ( Tanaman tanpa media tanam/air plant)

Posted by Bobbi-Aditya on Tuesday, September 30, 2014 with No comments
Tillandsia adalah salah satu jenis dari tanaman bromelia. Tillandsia adalah tanaman yang dapat ditanam tanpa menggunakan media tanam. Maksudnya tillandsia hidup dengan makanan yang berasal dari udara, tanpa membutuhkan tanah/media tanam lainnya. Tillandsia disebut juga sebagai air plant, karena tillandsia tidak membutuhkan media tanam melainkan udara. Tillandsia memiliki lebih dari 500 jenis dan mayoritas berukuran kecil. Karena sosoknnya itu, tillandsia sering dijadikan tanama gantung atau penghias terarium ( media atau wadah yang terbuat dari kaca atau plastik transparan berisi tanaman).

Tillandsia tersebar cukup luas. Tillandsia terdapat mulai dari Virginia, Amerika Serikat, hingga Argentina, Amerika Selatan.Tilandsia dapat hidup pada ketinggian 0 meter di atas permukaan laut hingga 3000 m di atas permukaan laut. Biasanya hidup pada iklim tropis, dan subtropis. Tillandsia memiliki kemampuan beradaptasi yang hebat. Tillandsia biasanya hidup di hutan seperti tanaman lainnya, namun ia juga dapat hidup di pantai, hingga di gurun yang kering. Kemampuan adapatasi tersebut dikarenakan adanya rambut-rambut halus/trikoma yang menutupi permukaan daun.

Di Indonesia, tillandisa dikenal karena cara hidupnya yang unik yakni tidak membutuhkan media tanam. Ia dapat hidup di luar pot, digantung di udara terbuka yang lembab dan tidak terkena sinar matahari langsung. Hal ini sangat cocok bagi penduduk Indonesia yang hidup di apartemen yang tidak ada lahan hijaunya, tinggal memelihara tillandsia maka rumah akan terlihat hijau.

Di Indonesia sudah sangat banyak orang yang membudidayakan tillandsia. Salah satunya yang berada di Malang, Jawa Timur adalah Rumah Bunga Widya. Rumah Bunga Widya menjual berbagai jenis tillandisa. Selain Tillandisa, di sana juga menjual berbagai jenis tanaman hias seperti kantung semar/nepenthes , chryptantus dan tanaman hias lainnya. Rumah Bunga Widya dimiliki oleh Ibu Widyastuti.
Rumah Bunga Widya dapat melayani penjualan hingga ke luar pulau. Jadi jika anda ingin membeli Tillandisa anda dapat menghubungi Ibu Widyastuti.

Untuk informasi lebih lanjut, dapat menghubungi:
Alamat                : Jalan Bunga Kecilung 5 Malang, Jawa Timur
Nomer telepon    : (0341) 494818 atau 081-655-1195
Pin BB                : 73EF7223


Categories: